Kamis, 14 Desember 2023

Imam Ubaidillah

Beliau lahir di Basrah Iraq. Mula mula belajar pada ayahnya Imam Ahmad bin Isa lalu ke Mekah belajar kepada Syaikh Abu Thalib Al Makki penulis kitab Qutul Qulub.

Berhijrah ke Hadramaut bersama dengan kedua orang tuanya Imam Ahmad bin Isa dan Sayidah Zainab binti Abdullah bin Hasan Al Uraidhi. Imam Ubaidillah mengajak serta istrinya Sayidah Ummul Banin binti Muhammad bin Isa dan anaknya yang masih kecil yaitu Ismail (dipanggil Basri karena untuk mengingatkan kepada Basrah kota asalnya).

Diantara rombongannya juga ada Iman Muhammad bin Sulaiman (kakek Al Ahdal) dan Imam Ahmad Al Qudaimi (kakek Al Qudaimi). Kalau nasab Imam Ubaidillah palsu, maka yang ingkar pertama adalah keturunan Al Ahdal dan Al Qudaimi hehe. Tapi sampe sekarang semua mengakui Imam Ubaidillah.

Lahir diberi nama Abdullah. Setelah dewasa diganti namanya jadi Ubaidillah karena tawadhu' nya. Trus ada yang bilang Abdullah dan Ubaidillah beda orang? Yaa cari saja makam dan peninggalan Abdullah hehe..

Imam Ubaidillah bukan anak Imam Ahmad? Ubaidillah itu nikah sama sepupunya sendiri alias keponakan ayahnya. Kalau bukan sayid, kagak bakal diberi ijin untuk menikahi Syarifah sama mertuanya Sayid Muhammad bin Isa hehehe..

Tidak ada kitab sejaman yang menulisnya? Nasab Rasulullah tidak ditulis dijaman Rasul, tapi semua orang arab tahu kalau Rasulullah bin Abdullah bin Abdul Muthalib bin Hasyim bin Abdi Manaf dan seterusnya...

Kalau nasab Imam Ubaidillah palsu, sudah sejak jaman dulu suku suku di Yaman marah dan mengingkarinya. Apalagi suku suku di Yaman banyak yang dari keturunan para sahabat Nabi. Tidak perlu nunggu 'mujtahid' dari banten 😀😀😀

Di dekat makam Imam Ubaidillah ada masjid yang konon dulu didirikan oleh beliau, dulu masjidnya kecil dan sekarang sudah menjadi besar dan luas.

Nb : Di Makam Imam Ubaidillah bin Ahmad bin Isa. Robbi Fanfa'na Bibarkatihim..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar