﷽
_____
Imam Muhammad bin Ahmad As-Showi Al-Maliki dalam kitabnya Hasyiah As-Showi ‘Ala Tafsir Al-Jalalain juz 4 hal. 134 cet. Al-Haromain Li At-Thoba’ah Wa An-Nashr Wa At-Tauzi’ QS. Al-Fath: 29 menjelaskan maksud ayat yg berbunyi,
(سيماهم فى زجوههم من اثر السجود)
وليس المراد به ما يصنعه بعض الجهلة المرائين من العﻻمة فى الجبهة، فأنه من فعل الخوارج، وفى الحديث: اني ﻻبغض الرجل واكرهه اذا رايت بين عينيه اثر السجود.
________
(Tanda-tanda mereka di wajahnya (terlihat) dari bekas sujudnya)
Dan maksud darinya bukanlah apa yg dilakukan oleh sebagian orang yg merasa RIYA’ (pamer) dari tanda-tanda di jidat.
Maka itu sesungguhnya yg dikerjakan kaum KHOWARIJ.
Dalam hadits Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya aku sangat MARAH dan sangat TIDAK MENYUKAI jika aku melihat seorang lelaki yg diantara kedua matanya ada tanda bekas sujudnya.”
Al-Khothib As-Syarbini dalam Tafsirnya Sirojul Munir juz 4 hal. 31 menjelaskan maksud ayat,
سيماهم فى وجوههم من تثر السجود
mengutip perkataan Imam Al-Baghowi sbb:
وقال البغاوى: وﻻ يظن من السيما مايصنعه بعض المرائين من اثر هيئة السجود فى جبهة فأن ذالك من سيماالخوارج
__________
“Jangan menyangka sesungguhnya dari tanda2 yg dilakukan sebagian orang2 yg riya’ (muroo’iin) itu termasuk tanda bekas saat sujud di jidat, karena sesungguhnya hal itu adalah tanda2 khowarij.”
Wallohu a’lam .
.
.
.
👤 Salafy Taubat .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar