Minggu, 03 Mei 2020

THORIQOH BAGINDAROSULULLAH= THORIQOH AT TIJANIYYAH


تعريف الطريقة التجانية

 

Thariqah At Tijany adalah salah satu dari Thariqah dengan masyrab khusus dan langsung dari Rasulullah SAW yang dirintis oleh seorang wali besar akhir zaman Yaitu Sayyidi Syekh Al Qutbi Al Maktum Wal Khatmi Al Muhammady Al Ma’lum Ahmad bin Muhammad At Tijany Radhiyallaahuanhu.
At Tijany adalah nama sebuah suku tempat asal kelahiran dan keluarga besar beliau yaitu suku Tijanah di daerah Ainul Madi, Fas Maroko (Magribi Al aqsha).

 

 

Nama Thariqah At Tijaniyyah

أسماء الطريقة التجانية

 

Nama lengkap THARIQAH At Tijaniyyah adalah Thariqah Al Ahmadiyyah Al Muhammadiyyah Al Ibrahimiyyah Al Hanifiyyah At Tijaniyyah.

 

 

Manaqib / Bografi

Sayyidinaa Al Quthbul Maktum Ahmad bin Muhammad At Tijani Ra.

مناقب القطب المكتوم سيدنا ابو العباس احمد بن محمد التجاني رضي الله عنه

 

1.    Nasab Sayyidi Syeikh Ahmad bin Muhammad At Tijany RA.

Beliau adalah seorang bangsawan yang tergolong trah Ahlul Baiti Rasulullah Saw. dengan nasab dari Siti Fatimah dan Sayyidina Ali bin Abi Thalib Karramallaahu Wajhahu (ba’Alawi / Alawiyyin) dari garis Sayyidina Hasan (Al Hasany). Beliau keturunan ke 24 dari Rasulullah Saw. lengkapnya adalah : Ahmad bin Muhammadbin Mukhtar bin Ahmad bin Muhammad bin Salim bin Al iid bin  Salim bin Ahmad Al Alwany bin Ahmad bin Ali bin Abdillah bin Abbas bin Abdil Jabbar bin Idris bin Ishaq bin Zainal ‘Abidin bin Ahmad bin Muhammad An Nafsiz Zakiyyah bin Abdullah al Kamil bin Hasan Al Mutsanna bin Hasan As Sibti bin Ali bin Abi Tholib dari Syyidah Fatimah Al Zahra Al Batul binti Rasulullah Saw.

 

Ibu beliau adalah seorang wanita shalihah, Sayyidah Aisyah binti Sayyid Al Jalil Abi Abdullah bin Sanusi At Tijany Al Madhowi, Al Madhowi bernisbat pada desa Ain Al Madi sebuah desa yang terkenal di Gurun Sahara Timur di Magribil Aqsha ( Afrika barat). */ Al Faidlur Rabbani : 5 – 6.

 

1.    Biografi singkat Sayyidi Syeikh Ahmad bin Muhammad At Tijany RA.

v  Beliau dilahirkan tahun 1150 H

v  Hafal Al Qur’an dengan sempurna ketika berumur 7 tahun .

v  Beliau sibuk menuntut ilmu dzahir sampai berumur 20 tahun, dan sudah dipercaya dan berhak mengeluarkan fatwa (Mufti) sejak masih muda yaitu ketika berumur 16 tahun.

v  Kedua orang tua beliau wafat tahun 1166 H, ketika umur beliau 16 tahun .

v  Sejak Umur 21 tahun beliau mendalami Ilmu-ilmu Tashawwuf dan banyak mengunjungi wali-wali besar dizamannya.

v  Pada tahun 1186 H. beliau menunaikan ibadah Haji dan ziarah ke makam As Syarif  Rasulullah Saw. dan dalam kesempatan itu pula beliau mengunjungi wali-wali besar baik selama perjalanan berangkat menuju Makkah dan Madinah juga ketika beliau tinggal di kedua kota suci tersebut, serta dalam perjalanan pulangnya.

 

2.    Wali-wali besar yang beliau temui antara lain :

Abu Muhammad At Tayyib bin Muhammad bin Abdillah.Sayyid Muhammad Al Wanjali digunung Zabib mengatakan : engkau pasti mencapai maqam / pangkatnya As Syadily.Sayyidi Abdullah bin Al Araby bin Muhammad Al Andalusi yang mengatakan kepada beliau :

الله يأحذ بيدك ، الله يأحذ بيدك ، الله يأحذ بيدك ،

Allah yang membimbingmu 3X.

Abu Abbas Ahmad At Thawasy.Abu Abdillah bin Abdir Rahman Al Azhary darinya beliau mendapat talkin thoriqoh Holwatiyah.Sayyid Muhammad Al Kurdi yang pada awal pertemuannya mengatakan:

أنت محبوب عند الله في الدنيا والآخرة

“Kamu adalah kekasih Allah Swt. di dunia dan Akhirat”.

Syaikhul Imam Abil Abbas Sayyid Muhammad bin Abdullah An Hindi, darinya beliau mendapat ilmu, asror, hikmah dan cahaya, tanpa melalui pertemuan, cukup melalui risalah yang di sampaikan oleh khodamnya, yang menegaskan bahwa : “Engkau yang mewarisi ilmuku, Asrorku, Wibawaku dan Cahayaku”.Al Quthbil Kabir As Samman RA. yang memberi tahu bahwa dia adalah Al Quthbil Jami’.

 

Pada tahun 1196 H. beliau menuju Qasra Abi Samghun dan syalalah di gurun Sahara bagian timur. pada tahun tersebut beliau mendapat Fathul Akbar yaitu bertemu langsung dengan Rasulullah Saw. dalam sadar / tidak tidur / bukan mimpi. ketika bertemu langsung dengan  Rasulullah Saw tersebut. beliau mendapat amanat wirid Istigfar 100x dan sholawat 100x untuk ditalqinkan kepada semua orang yang ingin kembali dan mendekatkan diri kepada Allah Swt.

 

Dalam kesempatan itu pula Rasulullah  menjelaskan kepada beliau bahwa : “Tidak ada karunia bagi mahluk atas kamu dari para masyayikh Thariqah. Maka akulah (Rasulullah) sesungguhnya yang menjadi guru dan pembimbing kamu, oleh karena itu tinggalkan semua wirid yang kamu ambil dari Thariqah Thariqah lain.

 

Pada tahun 1200 H. Rasulullah Saw. menyempurnakan wirid Thariqah At Tijany dengan Hailalah 100x, dan Rasulullah menjamin kepada Syeikh Ahmad At Tijany RA dengan sabdaNya : “ Engkau ya Ahmad adalah pintu keselamatan bagi orang-orang yang berdosa  yang ingin kembali kejalan Allah dengan mengikutiMu”. Sejak saat itulah beliau turun kelapangan da’wah dan dari segala penjuru, banyak orang yang menyambut dan mengikuti da’wahNya.

Ä  Kemudian beliau pindah ke kota Fas dan tinggal disana sampai akhir hayatnya.

Ä  Pada hari kamis 17 Syawwal 1230 H. pada usia 80 tahun, setelah menunaikan sholat subuh, beliau berbaring miring kesamping kanan , beliau minta air dan meminumnya, setelah beliau berbaring kembali sebagaimana semula  maka berangkatlah ruh suci beliau menemui Dzat Al Khaliq, kekasih dan pujaanNya selama hidup dengan dijemput manusia terkasih guru besar pembimbing ruhani dan DatukNya, Rasulullah Saw.

Ä  Beliau dimakamkan di kota lama Fas – Maroko.

( Riwayat beliau yang lebih lengkap baca buku Sayyidul Auliya’ Sayyidi Syeikh Ahmad At Tijany dan Thariqahnya yang disusun oleh K.H. Fauzan Adziman Fathullah Sidogiri).

 

3.   Keutamaan dan Karomah  Syeikh Ahmad At Tijany

Ä  Karomah adalah sesuatu yang keluar dari adat kebiasaan yang terjadi pada diri seseorang wali Allah Swt. sebagai kelanjutan dari Mu’ jizat para Nabi.

Ä  Keutamaan Karomah Sayyidi Syeikh Ahmad At Tijany sangat banyak dan tampak sejak kecil, baik kekeramatan Ma’nawy maupun Hissy ( tanpak Lahiriah).

 

Kekeramatan Ma’nawy jauh lebih tinggi nilainya, antara lain :

1.    Beliau sangat besar perhatian dan patuhnya terhadap Syariat Islam Lahir dan batin, dalm segala aspeknya, dalam segala hal ihwal menjiplak / tqlid pada Rasulullah Saw. jadi tidak nyeleneh-nyeleneh / berbuat macam-macam yang membuat orang bingung, bahkan beliau bersabda : “ Barang siapa mendengar sesuatu dariku cocokanlah dengan timbangan Syar’I (Al Qur’an dan Sunnah), jika cocok ambillah jika tidak tinggalkanlah”.

2.    Bisa melihat dan selalu bersama Rasulullah Saw., dalam keadaan sadar tidak pernah terhalang dengan beliau walau sekejap mata dan beliau selalu mendapat bimbingan dari Rasulullah Saw. dalam segala hal ikhwalnya.

3.    Barang siapa bertemu / bermimpi beliau (Syeikh Ahmad At Tijany) pada hari senin atau jum’at masuk surga tanpa hisab dan tanpa di siksa atas jaminan Rasulullah Saw. dari Allah Swt.

4.    Syeikh Ahmad At Tijany RA. dapat melakukan dzikir, menemui tamu dan berfatwa pada umat dan menulis dalam waktu dan tempat yang sama tanpa merasa sibuk.

5.    Beliau menguasai semua ilmu yang manfaat, sehingga mampu menjawab dan membahas semua masalah yang diajukan kepadanya dengan mudah dan tepat.

6.    Syeikh Ahmad At Tijany adalah pemegang mahkota kewalian tertinggi yaitu Al Khatmul Aulia’ Al Muhammady, sebagai mana Rasulullah Saw. adalah Al Khatmul Anbiya’. Dari beliaulah (Syeikh Ahmad At Tijany RA.) semua wali Allah sejak dari jaman Nabi Adam sampai hari kiamat mendapat aliran / masyrab ilmu kewalian , Fuyudlat dan Tajalliat serta Asror-Asror yang mengalir dari Rasulullah Saw. baik mereka menyadari atau tidak,sebagaimana para nabi terdahulu, mereka mendapat Masyrab ilmu keNabian dari Rasulullah Saw. selaku Khatmul Anbiya’. (lebih jelas silahkan pelajari Ar Rimah Juz 2/17)”. Al Masyrabul Kitmani”.

7.    Beliau mengetahui “Ismul A’dzam” dan berdzikir dengannya

Dan masih banyak lagi karomah beliau yang tidak disebutkan dalam buku singkat ini.

 

Adapun Karomah Hissiyah Sayyidi Syeikh Ahmad bin Muhammad At Tijany sangat banyak, diantaranya adalah :

Ketika beliau dilantik “ Wali Al Quthbaniatul ‘Udzma”, pada bulan Muharram 1200 H. oleh Rasulullah Saw. rumah beliau dikota Fas Maroko (Afrika paling barat /Magribi), sedangkan pelaksanaan pelantikannya dijabal Rahmah Padang Arafah. (dapat menempuh jarak / perjalnan jauh dalam sekejap).Beliau bisa menampakan diri dan memberikan bimbingan pada murid-muridnya di berbagai tempat yang berbeda dan berjauhan dalam waktu yang sama.Pada bulan Muharram 1279 H. (49 tahun setelah beliau wafat) dimana pada saat itu terjadi kekeringan yang panjang dan sangat sulit air. dari kubur beliau memancar keluar air susu yang sangat lezat dan banyak, sehingga banyak orang berbondong-bondong  datang untuk mengambil dan meminumnya, sampai saat ini susu tersebut masih ada tersisa (dimusiumkan) dan tetap tidak mengalami perubahan / tidak basi.Rasulullah Saw. sangat mencintai Syeikh Ahmad At Tijany RA. melebihi cinta seorang ayah kepada seorang anaknya.Barang siapa cinta kepada Syeikh Ahmad At Tijany RA. tidak akn mati kecuali telah menyandang predikat wali Allah.Barang siapa mencela / mencerca / menghujat Syeikh Ahmad At Tijany RA. kemudian tidak bertobat akan mati kafir ( hal ini jaminan dan peringatan langsung dari Rasulullah Saw).

 

وقال لى : يااحمد ان من سبك ولم يتب لايموت الا كافرا وان حج وجاهد ، قلت له يارسول الله ان العارف بالله سيدى عبد الرحمن الشامى  كر ان الحج لايموت على سوء الخ تمه ،قال لى سيدى الوجود : يااحمد من سبك ولم يتب مات كافرا ولوحج  وجاهد، يااحمد كل من سعى في هلاكك قأنا غضبان عليه ولم تكتب له صلاته  ولا تنفعه،( الفيض الرباني : 28 )                                               

“Berkata kepadaku Rasulullah Saw. : Ya Ahmad, sesungguhnya barang siapa mencelamu dan tidak bertobat tidak akan mati kecuali dalam kekafiran, walau haji dan berjihad. Saya berkata : Ya Rasulallah, sesungguhnya Al ‘Arif billah Sayyidy Abdurrahman As Syami mengatakan bahwa orang yang haji tidak akan mati su’ul khatimah, berkata  kepadaku Sayyidul Wujud Rasulullah Saw. : Ya Ahmad, barang siapa mencelamu dan tidak bertobat, maka ia pasti mati kafir walaupun ia haji dan berjihad. Ya Ahmad barang siapa yang berusaha mencelakakanmu akulah yang marah kepadanya, dan tidak akan dicatat sholatnya, serta tidak akan membawa manfaat baginya”. (al Faidl al Rabbani : 28).

 

Dan masih banyak lagi karomah-karomah lain dan masyhur, diantara para sahabat dan murid-muridnya, hal tersebut diatas sesuai dengan hadits qudsi :

من عادى لى وليا فقد اذنته بالحرب. ( رواه البخاري )

“Barang siapa menyakiti wali-Ku, maka kuumumkan perang kepadanya”. (HR. Buhori)

Adakah  orang yang mampu dan menang jika perang melawan Allah SWT ?
============================

MENYINGKAP RAHASIA SHOLAWAT FATIH YANG MEMBUAT ORANG GELENG-GELENG KEPALA
==========================
“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”.
(Q.S Al-Ahzab : 56).

SHOLAWAT ALFAATIH.

ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﺍﻟﻔﺎﺗِﺢِ ﻟِﻤَﺎ ﺃُﻏْﻠِﻖَ ﻭﺍﻟﺨﺎﺗِﻢِ ﻟِﻤَﺎ ﺳَﺒَﻖَ ﻧَﺎﺻِﺮِ ﺍﻟﺤَﻖِّ ﺑَﺎﻟﺤَﻖَّ ﻭﺍﻟﻬَﺎﺩِﻱ ﺇﻟﻰ ﺻِﺮَﺍﻃِﻚَ ﺍﻟﻤُﺴْﺘَﻘِﻴﻢِ ﻭﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﺣَﻖَّ ﻗَﺪْﺭِﻩِ ﻭَﻣِﻘْﺪَﺍﺭِﻩِ ﺍﻟﻌَﻈِﻴﻢِ
“Ya Allah berikanlah Rahmat yang disertakan ta’zhim kepada penghulu kami Nabi Muhammad sebagai pembuka apa yang tertutup dan yang menutup sesuatu yang terdahulu, penolong kebenaran dengan kebenaran yang memberi petunjuk ke arah jalan yang lurus. Dan kepada keluarganya, sebenar-benar pengagungan padanya dan kedudukan yang agung.”
===========================
ﺍﻟﻔﺎﺗِﺢِ ﻟِﻤَﺎ ﺃُﻏْﻠِﻖَ
“Sebagai pembuka apa yang tertutup”
ﺃﻯ ﺍﻟﺬﻱ ﻓﺘﺢ ﻣﺎ ﻛﺎﻥ ﻣﻐﻠﻘﺎً ﻣﻦ ﺍﻟﻮﺟﻮﺩ . ﺇﺫ ﻟﻮ ﻻﻩ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻣﺎ ﻭﺟﺪ ﻣﻮﺟﻮﺩ ﻭﻻ ﺃﺧﺮﺝ ﻣﻦ ﺍﻟﻌﺪﻡ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻮﺟﻮﺩ . ﻓﻬﻮ ﺍﻟﺴﺒﺐ ﺍﻷﻭﺣﺪ ﻓﻲ ﻭﺟﻮﺩ ﺟﻤﻴﻊ ﺍﻟﺨﻠﻖ ﻛﻤﺎ ﺃﻧﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺍﻟﺴﺒﺐ ﻓﻲ ﺇﻓﺎﺿﺔ ﺍﻟﺮﺣﻤﺔ ﻋﻠﻰ ﻛﻞ ﻣﻮﺟﻮﺩ . ﻓﻠﻮ ﻻ ﻭﺟﻮﺩﻩ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻣﺎ ﺭﺣﻢ ﻣﻮﺟﻮﺩ . ﻓﻬﻮ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺍﻟﺬﻱ ﻓﺘﺢ ﺍﻷﻏﻼﻕ . ﻭﺟﻮﺩﻩ ﺇﻳﺠﺎﺩﺍ ﻭﺇﻣﺪﺍﺩﺍ
Maksudnya yang membuka apa-apa yang terkunci dari segala yang ada di dalam wujud.
Sebab jika bukan karena beliau, niscaya tidak akan ada apa-apa di alam semesta, dan tidak akan dikeluarkan dari ketiadaan kepada alam wujud.
Jadi, beliaulah yang menjadi penyebab satu-satunya bagi keberadaan segala makhluk sebagaimana beliau saw merupakan penyebab berlimpahnya rahmat kepada seluruh makhluk.
Jadi, kalau bukan karena keberadaan beliau saw, niscaya alam semesta tidak memperoleh rahmat.
Jadi, beliau saw adalah yang membuka kunci-kunci. Keberadaan beliau merupakan sarana bagi keberadaan dan pertolongan.
ﻭﺍﻟﺨﺎﺗِﻢِ ﻟِﻤَﺎ ﺳَﺒَﻖَ
“Dan yang menutup (mengakhiri) sesuatu yang terdahulu”
ﺃﻯ ﺍﻟﺬﻱ ﺧﺘﻢ ﻣﺎ ﺳﺒﻖ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺒﻮﺓ ﻭﺍﻟﺮﺳﺎﻟﺔ . ﻓﻼ ﻧﺒﻲ ﻭﻻ ﺭﺳﻮﻝ ﺑﻌﺪﻩ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ
Artinya yang menutup (mengakhiri) apa-apa yang sebelumnya, Seperti kenabian dan kerasulan. Jadi, tidak akan ada Nabi maupun rasul sesudah beliau saw.
ﻧَﺎﺻِﺮِ ﺍﻟﺤَﻖِّ ﺑَﺎﻟﺤَﻖَّ
“Penolong kebenaran (agama) dengan kebenaran”
ﺃﻯ ﻧﺎﺻﺮ ﺩﻳﻦ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻲ ﺑﺎﻟﺤﻖ ﻭﺍﻟﺠﺪ ﻏﻴﺮ ﻧﺎﺻﺮ ﻟﻪ ﺑﺎﻟﺒﺎﻃﻞ ﻭﺍﻟﻬﺰﻝ . ﻓﻠﻔﻆ ﺍﻟﺤﻖ ﺍﻷﻭﻟﻰ ﺍﻟﻤﺮﺍﺩ ﺑﻬﺎ ﺍﻟﺪﻳﻦ . ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻴﻪ ﺍﻟﻤﺮﺍﺩ ﺑﻬﺎ ﺿﺪ ﺍﻟﺒﺎﻃﻞ ﻭﺍﻟﻬﺰﻝ .
Artinya yang membela agama Allah Ta'ala dengan kebenaran dan bersungguh-sungguh, bukan membelanya dengan cara yang bathil dan bermain-main.
Jadi kata "haqq" yang pertama yang dimaksud adalah agama, dan kata "haqq" yang kedua yang dimaksud adalah lawan dari kata "bathil dan olok-olok".
ﻭﺍﻟﻬَﺎﺩِﻱ ﺇﻟﻰ ﺻِﺮَﺍﻃِﻚَ ﺍﻟﻤُﺴْﺘَﻘِﻴﻢِ
“Yang memberi petunjuk ke arah jalan yang lurus”
ﺃﻯ ﺍﻟﺪﺍﻝ ﺇﻟﻰ ﻃﺮﻳﻘﻚ ﺍﻟﻘﻮﻳﻢ ﺍﻟﺬﻱ ﻻ ﺇﻋﻮﺟﺎﺝ ﻓﻴﻪ . ﻭﻫﻮ ﺩﻳﻦ ﺍﻹﺳﻼﻡ
Artinya yang menunjuki ke jalan-Mu yang lurus yang tiada mengandung kebengkokan, yaitu agama islam.
ﻭﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ
Dan kepada keluarganya
ﺍﻵﻝ ﻓﻲ ﻣﻘﺎﻡ ﺍﻟﺪﻋﺎﺀ ﺟﻤﻴﻊ ﺍﻷﻣﺔ . ﻟﻜﻦ ﻻﺑﺪ ﻣﻦ ﻣﻼﺣﻈﺔ ﻗﺮﺍﺑﺘﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺑﻤﺰﻳﺪ ﺗﻌﻈﻴﻢ
Kata "al-aalu" di dalam tatanan doa, adalah berarti seluruh umat beliau. Tetapi haruslah dengan mempertimbangkan kerabat beliau saw dengan lebih menghormati mereka.
ﺣَﻖَّ ﻗَﺪْﺭِﻩِ ﻭَﻣِﻘْﺪَﺍﺭِﻩِ ﺍﻟﻌَﻈِﻴﻢِ
Sebenar-benar pengagungan padanya dan kedudukan yang agung
ﺃﻯ ﻗﺪﺭ ﻗﺪﺭﻩ ﻭﻣﻘﺪﺍﺭﻩ ﺍﻟﺬﻱ ﻻ ﺣﺪ ﻟﻪ . ﻭﺍﻟﻘﺪﺭ ﻭﺍﻟﻤﻘﺪﺍﺭ ﺑﻤﻌﻨﻰ ﻭﺍﺣﺪ ﻓﻌﻄﻔﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻋﻄﻒ ﻣﺮﺍﺩﻑ .
Artinya kadar dari kebesaran beliau dan kedudukan beliau yang agung yang tiada batasnya.
Kata Qadar dan kata Miqdar mempunyai makna yang sama. Dengan meng"athof"kannya berarti "athof" kata yang senada.
ﻭﺍﻟﻤﻌﻨﻰ
Pengertiannya
ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﺍﻟﻔﺎﺗِﺢِ ﻟِﻤَﺎ ﺃُﻏْﻠِﻖَ ﻭﺍﻟﺨﺎﺗِﻢِ ﻟِﻤَﺎ ﺳَﺒَﻖَ ﻧَﺎﺻِﺮِ ﺍﻟﺤَﻖِّ ﺑَﺎﻟﺤَﻖَّ ﻭﺍﻟﻬَﺎﺩِﻱ ﺇﻟﻰ ﺻِﺮَﺍﻃِﻚَ ﺍﻟﻤُﺴْﺘَﻘِﻴﻢِ ﻭﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﺣَﻖَّ ﻗَﺪْﺭِﻩِ ﻭَﻣِﻘْﺪَﺍﺭِﻩِ ﺍﻟﻌَﻈِﻴﻢِ . ﺻﻼﺓ ﻳﻜﻮﻥ ﻣﺒﻠﻐﺎً ﻗﺪﺭ ﻣﺒﻠﻎ ﺭﺳﻮﻟﻚ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ
“Ya Allah berikanlah Rahmat yang disertakan ta’zhim kepada penghulu kami Nabi Muhammad sebagai pembuka apa yang tertutup dan yang menutup sesuatu yang terdahulu, penolong kebenaran dengan kebenaran yang memberi petunjuk ke arah jalan yang lurus. Dan kepada keluarganya, sebenar-benar pengagungan padanya dan kedudukan yang agung.” Yaitu sholawat yang sepadan dengan kebesaran Rasul-Mu saw.
ﻓﺎﻧﻈﺮ ﺇﻟﻰ ﻣﺎ ﺑﻠﻐﻪ ﺍﻟﺮﺳﻮﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ، ﻭﺇﻟﻰ ﻃﻠﺐ ﺍﻟﻤﺼﻠﻲ ﻣﻦ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﻥ ﻳﺼﻠﻲ ﻋﻠﻰ ﺣﺒﻴﺒﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗﺪﺭ ﻣﺎ ﺑﻠﻐﻪ ﺗﻌﺮﻑ ﻓﻀﻞ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﻴﺎﻗﻮﺗﺔ ﺍﻟﻔﺮﻳﺪﺓ ﺍﻟﺬﻱ ﻻ ﺣﺪ ﻟﻪ .
Perhatikanlah puncak ketinggian Rasul Saw, dan betapa Allah Ta'ala memerintahkan agar orang bersholawat kepada kekasih-Nya saw, yaitu kadar yang tidak dapat diketahui batas keutamaan al-Yaqutati al-Faridati ini yang tidak ada batasnya.
<b>KEISTIMEWAAN SAYYIDUS SHOLAWAT (PEMIMPIN PARA SHOLAWAT) SHOLAWAT FATIH LIMAA UGHLIQ
• Rasulullah SAW bersabda :
ﻣﺎ ﺻﻠﻰ ﻋﻠﻲ ﺍﺣﺪ ﺑﺄﻓﻀﻞ ﻣﻦ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﻔﺎﺗﺢ ﻟﻤﺎﺍﻏﻠﻖ
Artinya : “Tidaklah seseorang membaca sholawat kepadaku dengan sholawat yang paling utama, melainkan ia membaca dengan sholawat fatih limaa ughliq”
• Syekhuna Ahmad Attijani rodliyallahu'anhu juga berkata :
"Seandainya para penghuni 7 lapis langit dan seisinya,para penghuni 7 lapis bumi dan seisinya berkumpul untuk menyifati pahala sholawat fatih niscaya mereka tidak akan sanggup."
• Sayyid Muhammad al Bakri :
Barangsiapa yang membaca sholawat fatih sekali dan ia tidak masuk ke surga, maka hendaklah ia menangkap/menuntut pemiliknya (beliau sendiri) disisi Allah swt.
#PUJIAN_ULAMA
ﺇﻥ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺮﺳــــــــﻮﻝ ﺛﻮﺍﺑﻬﺎ *** ﺟــــــﻢ ﻭﺗﻌﺠﺒﻨﻲ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﻔــــﺎﺗﺢ
Sesungguhnya sholawat pd Rosulullah saw pahalanya besar dan sholawat fatih membuatku kagum
ﻛﻢ ﻣﻦ ﺟﻬﻮﻝ ﻓﻲ ﺍﻟﻀـــــــﻼﻟﺔ ﺳﺎﺋﺮ # ﻓﺘﺤﺖ ﺑﺼﻴﺮﺗـــﻪ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﻔﺎﺗـــــﺢ
Brp byk org bodoh yg berjalan dlm kesesatan # Dibuka mata hatinya oleh sholawat fatih
ﺻﻴﻎ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺮﺳـــــﻮﻝ ﻋﺪﻳﺪﺓ # ﻭﻳﻠﺬ ﻟﻲ ﻣﻨﻬــــﺎ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﻔﺎﺗــــــﺢ
Bentuk2 sholawat pd Rosulullah saw banyak # tp sholawat fatih terasa lezat bgku diantara sekian bnyk sholawat
ﺻﻠﻮﺍ ﺑﻬﺎ ﺻﻠــــــــــﻮﺍ ﺑﻬﺎ ﺻﻠﻮﺍ ﺑﻬﺎ # ﺇﻥ ﺍﻟﻐﻨﻴﻤﺔ ﻓﻲ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﻔﺎﺗــــــــﺢ
Bersholawatlah dgnya,Bersholawatlah dgnya,Bersholawatlah dgnya # sesungguhnya keberuntungan ada dlm sholawat fatih
“Jika kaum ‘Arif billah dapat mengetahui apa yang didapat oleh pengamal sholawat Fatih kelak di Akhirat, niscaya kaum ‘Arif itu menangis sepanjang masa hidup mereka, atas apa yang mereka saksikan prihal agungnya Fadhilah Allah dan keistimewaan yang dianugrahkan-Nya bagi siapa saja yang dikehendaki oleh Allah SWT.”
*{ ﻳﺨﺘﺺ ﺑﺮﺣﻤﺘﻪ ﻣﻦ ﻳﺸﺎﺀ }*
*"Allah khususkan rahmat-Nya bagi siapa yang dikehendaki-Nya"*
Shalawat al- Fatih memiliki 8 martabat keutamaan, di bawah ini hanya keutamaan pada martabat yang pertama saja, sedangkan yang lainnya dirahasiakan oleh Allah SWT. Diantaranya adalah:
1. Membaca Shalawat Al-Fatih 1x setiap hari dijamin hidup bahagia dunia dan akhirat
2.Membaca Shalawat Al-Fatih 1x menghapus semua dosa
3.Membaca Shalawat Al-Fatih 1x menyamai pahala ibadah semua makhluk di alam semesta ini 6000x lipat
4.Membaca Shalawat Al-Fatih 1x menyamai pahala sholawat yang dibaca oleh seluruh makhluk dari awal diciptakansampai sekarang 600x lipat
5.Membaca Shalawat Al-Fatih 1x setiap hari, dijamin mati membawa iman (husnulkhotimah).
6.Membaca Shalawat Al-Fatih 10x di malam jum’at lebih besar pahalanya daripada ibadah seorang wali yang tidak membaca Shalawat Al- Fatih selama 1 juta tahun.
7.Pahala Shalawat Al-Fatih dapat menutupi dan mengganti kesalahan yang pernah ia lakukan terhadap orang lain, sehingga ia dapat mengganti tuntutannya dihari kiamat.
Membaca Shalawat Al-Fatih100x di malam jum’at menghapus dosa 400 tahun.
8.Syekh Ahmad At-Tijany ra. berkata:”Keisti
mewaan Shalawat Al-Fatih sangat sulit diterima oleh akal, karena ia merupakan rahasia Allah SWT yang tersembunyi.Seandainya ada 100.000 bangsa yang setiap bangsa itu terdiri dari 100.000 kaum, dan setiap kaum terdiri dari 100.000 orang, dan setiap orang diberi umur panjangoleh Allah SWT sampai 100.000 tahun, dan setiap orang bersholawat kepada nabi setiap hari 100.000 x, semua pahala itu belum dapat menandingi pahalamembaca Shalawat Al-Fatih 1x.
APAKAH AMALAN YG PALING UTAMA YA SAYYIDI ? BELIAU MENJAWAB : SHOLAWAT AL FATIH
Rasulullah SAW bersabda :
ﻣﺎ ﺻﻠﻰ ﻋﻠﻲ ﺍﺣﺪ ﺑﺄﻓﻀﻞ ﻣﻦ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﻔﺎﺗﺢ ﻟﻤﺎﺍﻏﻠﻖ
Artinya : “Tidaklah seseorang membaca sholawat kepadaku dengan sholawat yang paling utama, melainkan ia membaca dengan sholawat fatih limaa ughliq”
Tinggalkanlah yang utama, fokuslah pada yang paling utama !!! Aku bertanya: apakah amalan yang paling utama ya Sayyidi? Beliau memjawab : Sholawat Al-Fatih."
ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠﻰَ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪِ، ﺍﻟْﻔَﺎﺗِﺢِ ﻟِﻤَﺎ ﺃُﻏْﻠِﻖَ ﻭَﺍﻟْﺨَﺎﺗِﻢِ ﻟِﻤَﺎ ﺳَﺒَﻖَ، ﻧَﺎﺻِﺮِ ﺍﻟْﺤَﻖِّ ﺑِﺎﻟْﺤَﻖِّ، ﻭَﺍﻟْﻬَﺎﺩِﻱ ﺇِﻟَﻰ ﺻِﺮَﺍﻃِﻚَ ﺍﻟْﻤُﺴْﺘَﻘِﻴْﻢِ ﻭَﻋَﻠﻰَ ﺁﻟِﻪِ ﺣَﻖَّ ﻗَﺪْﺭِﻩِ ﻭَﻣِﻘْﺪَﺍﺭِﻩِ ﺍﻟﻌَﻈِﻴْﻢِ .
“Ya Allah berikanlah shalawat kepada penghulu kami Nabi Muhammad yang membuka apa yang tertutup dan yang menutupi apa-apa yang terdahulu, penolong kebenaran dengan kebenaran yang memberi petunjuk ke arah jalan yang lurus. Dan kepada keluarganya, sebenar-benar pengagungan padanya dan kedudukan yang agung.”
Imam al-Quthub Sayyidi Ahsan al-Ba'qiliy rahimahullah dalam kitab Ira'ah Arais Syumus Falak al-Haqaiq al-Irfaniyah jilid 2 menyebutkan beberapa pangkat shalawat Fatih:
ﺃﺻﻞ ﺍﻟﺼﻠﻮﺍﺕ ﺍﻟﺘﻲ ﻇﻬﺮﺕ ﻣﻦ ﻗﻠﺐ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﻭ ﻣﻦ ﻗﻠﻮﺏ ﺍﻟﻌﺎﺭﻓﻴﻦ
1). Sumber shalawat yang terbit dari hati Rasulullah atau para ahli ma'rifah. (lihat halaman; 138).
ﺻﻼﺓ ﺍﻟﻔﺎﺗﺢ ﻣﻨﻄﻮﻳﺔ ﻋﻠﻰ ﺍﻻﺳﻢ ﺍﻷﻋﻈﻢ ﺍﻟﻈﺎﻫﺮ ﻭﺍﻟﺒﺎﻃﻦ
2). Shalawat Fatih terkandung di dalamnya nama yang menjadi raja bagi seada-adanya nama keagungan Allah baik zhahir dan batin. (lihat halaman: 142).
ﺻﻼﺓ ﺍﻟﻔﺎﺗﺢ ﻋﻴﻦ ﺍﻻﺳﻢ ﺍﻷﻋﻈﻢ
3). Shalawat fatih adalah inti Ismul A'zham. (lihat halaman; 143).
Semoga kita termasuk diantara hamba-hamba Allah yang mencintai nabi Muhammad SAW, dengan banyak-banyak membaca Shalawat.
========================

SHOLAWAT ALFAATIH/ RAJANYA SHOLAWAT.

۞ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ۞
۞ ﺍﻟﻔَﺎﺗِﺢِ ﻟِﻤَﺎ ﺃُﻏْﻠِﻖَ ۞
۞ ﻭَﺍﻟﺨَﺎﺗِﻢِ ﻟِﻤَﺎ ﺳَﺒَﻖَ ۞
۞ ﻧَﺎﺻِﺮِ ﺍﻟﺤَﻖِّ ﺑِﺎﻟﺤَﻖِّ ۞
۞ ﻭَﺍﻟﻬَﺎﺩِﻱ ﺇِﻟَﻰ ﺻِﺮَﺍﻃِﻚَ ﺍﻟﻤُﺴْﺘَﻘِﻴﻢِ ۞
۞ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﺣَﻖَّ ﻗَﺪْﺭِﻩِ ﻭَﻣِﻘْﺪَﺍﺭِﻩِ ﺍﻟﻌَﻈِﻴﻢِ

Sebarkan Salaam bahagia dengan Berniat membaca minimal seribu kali sholawat AL-FAATIH setiaphari seumur hidup LILLAHI TA'ALA.

ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ۞ ﺍﻟﻔَﺎﺗِﺢِ ﻟِﻤَﺎ ﺃُﻏْﻠِﻖَ ۞ ﻭَﺍﻟﺨَﺎﺗِﻢِ ﻟِﻤَﺎ ﺳَﺒَﻖَ ۞ ﻧَﺎﺻِﺮِ ﺍﻟﺤَﻖِّ ﺑِﺎﻟﺤَﻖِّ ۞ ﻭَﺍﻟﻬَﺎﺩِﻱ ﺇِﻟَﻰ ﺻِﺮَﺍﻃِﻚَ ﺍﻟﻤُﺴْﺘَﻘِﻴﻢِ ۞ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﺣَﻖَّ ﻗَﺪْﺭِﻩِ ﻭَﻣِﻘْﺪَﺍﺭِﻩِ ﺍﻟﻌَﻈِﻴﻢِ ۩

@ JAZAAKALLAHU KHOIRON KATSIROON... Mohon Maaf Zhohir dan Bathin... Selamat menikmati Santapan Jiwa... Keutamaan, Keberkahan, Kemuliaan, keindahan Bulan Suci Romadhon yang Mulia from Aba RadenMas AhmadJFc Sriwijaya Sekeluarga Besar Ashab Thoriqoh AL Muhammadiyah Sriwijaya Darussalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar