Rabu, 10 April 2019

HARAPAN AHLI KUBUR PADA KELUARGANYA (Kisah Pahala Surat Yasin di Hari Jumat yang Dirasakan Ahli Kubur)

📚kitab Tahqiqul Amal fîmâ Yanfa'ul Mayyita Minal A'mâl karya Abuya Sayyid Muhammad bin Alwi al Maliki hlmn 60

Dikisahkan dari al-Hasan bin al-Haitsam bahwa suatu saat ia mendengar Abu Bakar al Athrusyi bin Abi Nashr bin At-Timar bercerita: Suatu masa terdapat seorang anak laki2 yg senantiasa mendatangi makam ibunya setiap hari Jumat. Setiap kali berada di pusara ibunya, ia dengan khusyuk membaca Surat Yasin. Sambil sesekali ketika menghentikan bacaan untuk mengambil napas, ia mengenang masa2 indah dg ibunya. Sungguh, pemandangan itu begitu memilukan, melihat seorang anak yang duduk terpekur sambil membaca Al-Quran di pusara ibunda tercintanya.

Ketika ia telah selesai, ia kemudian berdoa:
"Ya Allah, sesungguhnya aku membagikan pahala membaca Surat Yasin ini. Maka jadikanlah bagian itu terhaturkan utk para arwah yang bersemayam di pekuburan ini."

Seminggu kemudian, tepat di hari Jumat berikutnya, anak trsbt kembali melakukan rutinitas mingguannya itu. Mendatangi pusara ibunya, duduk dg khusyuk, dan kemudian membaca Surat Yasin yang pahalanya  dihadiahkan utk ibundanya serta para arwah di pemakaman itu.

Tiba-tiba saja saat ia hendak beranjak, datang seorang wanita yang bertanya kepadanya, "Apakah engkau adalah putra dari ibu yang dikubur dalam pusara ini?"

"Ya," jawab anak itu singkat.

"Sesungguhnya aku memiliki seoang putri yang telah meninggal, kemudian aku bermimpi bertemu dngnya. Dalam mimpi itu, kulihat ia sedang duduk-duduk di samping pusaranya.

Kemudian aku bertanya padanya, ’Gerangan apa yang membuatmu terduduk di sini?’ Ia lantas menjawab, 'Sesungguhnya Fulan bin Fulan mendatangi kuburan ibunya, kemudian ia membaca Surat Yasin dan menghadiahkan pahalanya utk ibunya dan kami, para ahli kubur yg arwahnya bersemayam di pemakaman ini. Maka dari itulah, aku mendapatkan manfaatnya sehingga aku diampuni’."

Subhanalloh, dari kisah diatas. dapat dipetik hikmah betapa amal shalih yang dilakukan oleh orang hidup dan kemudian pahalanya dihususkan utk orang yang sudah meninggal benar-benar tersampaikan. Apalagi, jikalau amal tersebut dilakukan di waktu-waktu yang mustajabah, waktu berdoa yang berpeluang besar untuk dikabulkan seperti hari Jumat.

Sungguh, di hari Jumat yg dimuliakan ini, mari kita memenuhinya dg amal-mal kebaikan seperti ziarah kubur dan membaca Al-Quran yg pahalanya diperuntukan utk para Ahli kubur yg telah mendahului kita, sbb doa kita sangat dinanti oleh mereka ...

خصو صا الى ارواح جميع اهل القبور من السلمين و المسلمات الفاتحه

#SholluAlanNabiMuhammad

۞ﺍَﻟﻠّٰﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻝِ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ۞

MANAQIB KAUM SHOLIHIN & AMALIAHNYA
https://www.facebook.com/groups/1348537445262609/
"MENAPAKI TITIAN ULAMA ASWAJA, SEMOGA SELAMAT SAMPAI SYURGA"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar