Minggu, 14 April 2019

Merasa Hina

TA'DHIM ITU BELUM SIRNA, DAN TAK AKAN PERNAH SIRNA.

Diceritakan di dalam kitab Maroqil Ubudiyah Syarh ala Bidayatil Hidayah karangan Hujjatul islam - Al-Imam Abu Hamid Al-Ghozali (Imam Ghozali), bahwasannya Syeh Abdul Qodir Al-Jailani RA.
jika melihat orang yg lebih tua Beliau mengatakan (dlm hati):
"orang ini lebih mulia dariku, dia lebih tua dan lebih banyak ibadahnya."
.
Jika melihat yg orang lebih muda Beliau mengatakan (dlm hati):
"orang ini lebih mulia dariku, dia lebih muda dan sedikit pula dosanya."
.
Jika melihat orang Alim, Beliau mengatakan (dlm hati):
"orang ini lebih mulia dariku, Allah SWT memberikan suatu kebaikan, sementara aku belum di berinya, berarti Allah SWT lebih mencintainya dari pada kepadaku."
.
Jika melihat orang bodoh, Beliau berkata (dlm hati):
"orang ini lebih mulia dariku, aku memiliki ilmu, dan karena ilmu ini aku akan di mintai pertanghung jawaban, sementara orang bodoh ini tidak dimintai pertanggung jawaban karena ilmunya."
.
Jika melihat orang kafir, Beliau berkata (dlm hati):
"orang ini lebih mulia dari pada diriku, mungkin suatu saat dia akan di beri hidayah oleh Allah lalu bertaubat, sementara aku, apakah aku bisa mempertahankan imanku ini sampai aku meninggal? berarti orang ini lebih mulia dari pada diriku."
.
Wallahu 'alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar