Sabtu, 19 Januari 2019

Kenapa Harus Sholat Jamaah

"Rasulullahﷺ  Menguji Kekhusyuk'an Sholatnya Sayyidina Ali RA"

Kenapa kita harus shalat berjamaah? Karena rahasia shalat adalah khusyuk. Tapi tidak mungkin kita shalat khusyuk dalam 4 maupun 2 rakaat.

Dalam sebuah riwayat dikatakan bahwa, Sayyidina Ali bin Abi Thalib Ra. suatu hari melihat salah seorang sahabat yang sedang shalat. Melihat shalatnya yang tidak bagus Sayyidina Ali Ra. berkata kepada Rasulullah ﷺ.: “Wahai Rasulullah ﷺ shalat apakah itu? Kok tidak menunjukkan khusyuk sama sekali.”

Lalu Rasulullah ﷺ bersabda: “Wahai Ali, bisakah engkau shalat 2 rakaat dengan khusyuk?”

Dijawab: “Bisa ya Rasulullahﷺ."

Kemudian Sayyidina Ali RA mengambil air wudhu. Selesai berwudhu, Rasulullah ﷺ, menyodorkan dua surban kepada Sayyidina Ali RA: “Wahai Ali, ini ada 2 surban, satu dari Irak dan satunya lagi dari Yaman. Aku kasih engkau surban dari Irak jikalau engkau berhasil shalat 2 rakaat dengan khusyuk!”

Telah diketahui bahwa surban Yaman kualitasnya lebih bagus daripada surban dari Irak. Surban Yaman terkenal lebih halus dibandingkan surban Irak.

Lalu Sayyidina Ali Ra. mulai melakukan shalat. Takbir, rukuk dan sujud pada rakaat pertama shalatnya Sayyidina Ali Ra. terlihat benar-benar khusyuk. Tibalah pada rakaat kedua, terlihat dalam rukuknya Sayyidina Ali Ra. lebih panjang dari rukuknya rakaat pertama. Kemudian diucapkan salam pertanda shalat selesai.

Rasulullahﷺ langsung menghadap Sayyidina Ali Ra. seraya bertanya: “As-aluka billahi ya Ali, aku bertanya kepadamu dengan nama Allah wahai Ali. Kenapa rukukmu pada rakaat kedua lebih panjang dari rukuk rakaat pertama?”

Jawab Sayyidina Ali Ra.: “Iya wahai Rasulullah. Saya teringat surban. Andai saja engkau memberikanku surban yang dari Yaman tentu lebih bagus dan Indah. Ini yang saya ingat waktu itu wahai Rasulullah.”

Lantas Rasulullahﷺ  bersabda: “Ketahuilah wahai Ali, tidak mungkin manusia dapat melakukan shalat 2 rakaat dengan khusyuk. Justru itu merupakan rahmat Allah bagi ummat Nabi Muhammad ﷺ agar melakukan shalat berjamaah.”

اللهم صل على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد

Tidak ada komentar:

Posting Komentar