Jumat, 10 November 2017

Hikmah kasih sayang penduduk di kota Syibam - Hadramaut - Yaman


(Diceritakan oleh Al-Habib Ahmad bin Novel Bin Jindan di Majelis Rasulullah Denpasar).

DULU ada kisah seorang yang menjadi Hakim di kota Syibam selama 14 tahun, dan tidak ada orang yang mengadu dan mencari solusi memecahkan permasalahan kepadanya,dan dia merasa bosan menjadi hakim karena selama 14 tahun tidak ada seorang pun yang datang kepadanya dengan membawa permasalahan.

Kemudian seorang hakim itu mengumpulkan penduduk kota syibam dan seraya menanyakan kepada mereka :"Wahai penduduk kota syibam......mengapa dari kalian tidak seorang pun yang datang kepadaku dengan suatu permasalahan,aku menjadi hakim sudah mencapai 14 tahun,aku selama menjadi hakim digaji,tapi tidak ada seorang pun membawa permasalahan/persilisihan kepadaku,aku merasa bosan dan menganggur terhadap pekerjaanku ini,mengapa kalian?"
Kemudian penduduk kota syibam berkata" Allah lah yang mendamaikan kita dan memberikan kasih sayang kepada kita sehingga tidak ada persilisihan diantara kami karena Dialah Allah Maha Pengasih dan lagi Maha Penyayang".

Sekian lama setelah selesai lewat dari hari raya idul fitri ada 2 orang mengadu kepada hakim dan mencari solusi,karena mendengar ada orang yang bersilisih tadi dia senang dan menyambut dengan hangat,kemudian hakim menanyakan tentang permasalahan tersebut:

Hakim:"apa yang membuat anda sehingga kalian berdua berselisih?"

Orang pertama: begini.... jadi ceritanya saya membeli tanah kepada orang kedua ini setelah transaksi pembelian selesai tidak lama kemudian kami membuat bangunan dengan cara membuat pondasi terlebih dahulu kami menemukan di dalam tanah terdapat emas banyak,kemudian saya bilang kepadanya"ini emas milikmu"

Orang kedua :"tidak, ini punyamu karena tanah yang engkau beli"

O 1:"Saya beli tanah untuk pemanfaatannya saja bukan sampai isi di dalam tanah jadi ini berhak milikmu"

0 2:"tidak, itu milikmu"

karena mereka berdua menjadi ribut hakim pun bingung membela yang mana karena mereka saling melemparkan pemberian emas,dan saling tidak mau menerima emas tersebut,sudah lama tidak mendapatkan orang berselisih selama 14 tahun,ehh setelah sudah datang satu permasalahan ternyata susah juga.kemudian Hakim memutuskan....

Hakim kpd orang pertama :"apakah engkau mempunyai anak laki2?"

orang pertama:"iya, saya mempunyai anak laki2"

Hakim kpd orang kedua:"apakah engkau mempunyai anak perempuan?"

orang kedua:"iya, saya mempunyai anak perempuan"

maka hakim memutuskan" oleh karena itu saya memutuskan dari anak kalian berdua untuk dinikahkan menggunaka emas temuan tersebut agar menjadi selesai permasalahan".

O 1 dan 0 2 seraya berkata:"Baik, hakim....."

Inilah kisah kasih sayang penduduk syibam - Hadramaut yang sejalan dengan ayat "رحماء بينهم" yang artinya "mereka adalah orang-orang yang berkasih sayang diantara mereka" : QS. Muhammad.

SUBHANALLAH ......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar