Senin, 06 November 2017

Keajaiban Pohon kurma

Keunikan pohon Kurma.

النخل: هو أول شجرة استقرت على وجه الأرض، وهي شجرة مباركة لا توجد في كل مكان. قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: أكرموا عماتكم النخل. وإنما سميت عمتنا لأنها خلقت من فضلة طينة آدم عليه السلام

Pohon kurma adalah pohon pertama yg menetap di atas bumi, ia adalah pohon yg diberkati, tidak di temukan di setiap tempat.
Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda :
"Muliakanlah paman kalian, pohon kurma"
Pohon kurma disebut sebagai paman karena ia di ciptakan dari sisa tanah yg di gunakan utk menciptakan Nabi Adam alaihi salaam.

ولأنها تشبه الإنسان من حيث استقامة قدها وطولها وامتياز ذكرها من بين الاناث، واختصاصها باللقاح، ورائحة طلعها كرائحة المني. ولطلعها غلاف كالمشيمة التي يكون الولد فيها.

Dan juga karena pohon kurma menyerupai manusia dalam hal lurus dan tinggi perawakannya, perbedaan jantan dan betinanya, kekhususannya dengan perkawinan, aroma mayangnya seperti bau sperma dan tertutpnya mayang seperti ari-ari yg terdapat anak di dalamnya.

ولو قطع رأسها ماتت، ولو أصاب جمارها آفة هلكت. والجمار من النخلة كالمخ من الإنسان، وعليها الليف كشعر الإنسان، وإذا تقاربت ذكورها وإناثها حملت حملا كثيرا لأنها تستأنس بالمجاورة. وإذا كانت ذكورها بين إناثها ألقحتها بالريح، وربما قطع إلفها من الذكور فلا تحمل، لفراقه، وإذا دام شربها للماء العذب تغيرت، وإذا سقيت الماء المالح أو طرح الملح في أصولها حسن ثمرها.

Jika kepalanya pohon kurma di potong maka ia mati, jika empolnya terkena bahaya maka ia rusak, empol dari kurma bagaikan otak dari manusia. kurma mempunyai serabut seperti rambut manusia, jika kurma jantan berdekatan dengan kurma betina maka akan hamil banyak sekali karena kurma merasa senang dengan berdekatan.
ketika kurma jantan berjauhan dengan kurma betina dan di kawinkan dengan perantara angin, maka terkadang serbuknya kurma jantan berjatuhan dan kurma betina tdk jadi hamil karena mereka berpisah.
jika terus menerus tekena air tawar menjadi berubah, jika di siram air asin atau di beri garam di pangkalnya maka bagus buahnya.

ويعرض لها أمراض مثل أمراض الإنسان.
منها الغم، وعلاجه أن يقطع من أسفلها قدر ذراعين ثم تخلل بالحديد. والعشق: وهو أن تميل شجرة إلى أخرى ويخف حملها وتهزل، وعلاجها أن يشد بينها وبين معشوقها الذي مالت إليه بحبل أو يعلق عليها سعفة منه، أو يجعل فيها من طلعه.

Pohon kurma juga bisa terekna penyakit seperti penyakitnya manusia,
diantaranya penyakit galau, cara penyembuhannya dengan membuat lobang, jarak dari bawahnya kira2 dua lengan kemudian lobagnya di isi dengan besi.
penyakit rindu, yaitu ia miring ke pohon yg lain, kurang hamilnya dan kurus batangnya. cara penyembuhannya dengan dikasih tali antara ia dengan pohon yg di rindui dimana ia condong.
atau dengan cara pelepah kurma jantan yg dirindukan digantungkan padanya, atau di taruh di mayangnya.

ومن أمراضها منع الحمل، وعلاجه أن تأخذ فأسا وتدنو منها وتقول لرجل معك: أنا أريد أن أقطع هذه النخلة لأنها منعت الحمل، فيقول ذلك الرجل: لا تفعل فإنها تحمل في هذه السنة، فتقول: لا بد من قطعها. وتضربها ثلاث ضربات بظهر الفأس، فيمسكها الآخر ويقول: بالله لا تفعل فإنها تثمر في هذه السنة فاصبر عليها ولا تعجل وإن لم تثمر فاقطعها. فتثمر في تلك السنة وتحمل حملا طائلا

Termasuk penyakitnya lagi adalah tidak mau hamil,
cara penyembuhanya adalah bawalah kapak dan dekati dia, kemudian kau katakan kpd orang yg bersamamu :
"aku hendak memotong pohon kurma ini, karena ia tdk mau hamil "
lalu temanmu berkata : "jangan kau lakukan itu, karena ia akan hamil di tahun ini "
engkau berkata lagi : "pokoknya harus di potong "
sambil memukul2kan punggung kapak kepohon kurma tiga kali, lalu temanmu mencegahmu sambil berkata :
"Demi Allah, jangan kau lakukan itu, karena ia akan berbuah di tahun ini, bersabarlah dan jangan terburu2. jika tahun ini ia tdk berbuah maka potonglah."
Maka tahun tsb ia akan berbuah dan hamil dengan kehamilan yg kaya.

Wallohu a'lam.

~khoridatul ajaib wa faridatul ghoroib~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar