Minggu, 31 Desember 2017

Wafatnya Sayyidah Fathimah Binti Asad

RASULULLAH SAW :"ADA 40 MALAIKAT BERBARIS IKUT MENSHALATI JENAZAHNYA, UNTUK SETIAP SHAFNYA, AKU MEMBACA SATU KALI TAKBIR".KISAH WAFATNYA SAYYIDAH FATIMAH BINTI ASAD (IBUNDA SAYYIDINA ALI AS)
Ketika Sayyidah Fatimah binti Asad Wafat, Sayyidina Ali menemui Rasulullah Saw sambil menangis dan memberitahukan apa yang terjadi pada Beliau. Tetesan air mata mengucur deras dipipi Rasulullah Saw dan Beliau Saw berkata : “Semoga Allah Swt mengampuninya...Dia bukan hanya Ibumu, tapi juga Ibuku".Setelah itu Beliau Saw memberikan Sorbandan Bajunya pada Sayyidina Ali As dan Beliau berkata :"Jadikan ini sebagai kafannya, dan katakanlah kepada para Wanita agar teliti memandikan Jenazahnya dan jangan dulu dibawa sampai aku datang".Saat Jenazah akan dibawa, Rasulullah Saw datang dan ikut serta mengantar dan Menshalati Jenazahnya. Dalam Shalatnya Beliau Bertakbir 40 kali. Setelah itu Beliau masuk ke Liang Lahat dan berbaring. Sesaat beliau tiduran didalam Liang itu, lalu bangun dan membaringkan Jenazah disitu.Didalam Liang Lahat, Rasulullah Saw berdiri diatas kepala Sayyidah Fatimah danberkata :“Wahai Fatimah, aku Muhammad penghulu anak-anak Adam, dan aku tak merasa bangga dengan itu. Ketika Malaikat Munkar dan Nakir datang padamu dan bertanya, "Siapakah Tuhanmu dan apa Agamamu? Jawablah, Allah adalah Tuhanku dan Muhammad adalah Nabiku, Islam adalah Agamaku, Al-Quran adalah Kitabku".Setelah itu Beliau berkata :"Ya Allah, tetapkanlah Fatimah dalam perkataan yang benar".Kemudian Rasulullah Saw keluar dari Kubur dan menimbunnya dengan Tangannya sendiri sampai selesai. Setelah itu Beliau membersihkan Tangannya dan berkata :"Demi yang Nyawaku berada di Tangan-Nnya, Fatimah binti Asad mendengar suara Tanganku".Ammar berdiri dan bertanya : "Ya Rasulullah, mengapa Anda perlakukan Sayyidah Fatimah dengan perlakuan yang tak Anda lakukan pada selainnya?".Rasulullah Saw Berkata :"Sayyidah Fatimah..Dia Bibi ku, layak mendapat perlakuan itu, karena dia membiarkan anaknnya kelaparan dan membuatku kenyang, membiarkan anaknya tak berpakaian dan memberiku pakaian"."Mengapa Anda Bertakbir sampai 40 kali?".Rasulullah Saw Berkata :"Karena ada 40 Malaikat berbaris ikut menshalati Jenazahnya, untuk setiap Shafnya, aku membaca satu kali Takbir"."Alasan mengapa aku jadikan Pakaianku sebagai Kafannya adalah, dulu ketika aku berkata padanya bahwa kelak dihari Kiamat, semua Manusia telanjang dan tak berbusana. Fatimah berteriak dan gelisah mendengarnya. Karena itu, aku Mengkafaninya dengan Pakaianku agar tetap tertutup"."Dan aku Memohon Pada Allah Swt untuk menjaga Kafannya agar tetap tidak rusak. Dan karena dia takut pada pertanyaan Malaikat dan Azab Kubur, maka aku tidur dalam Kuburnya supaya Allah membukakan baginya sebuah Jendela dalam Kubur yang menuju Surga dan Kuburnya menjadi salah satu Kebun Surga".Subhanallah...Allahumma Shalli 'Alaa Sayyidina Muhammad Wa 'Alaa Aali Sayyidina Muhammad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar