Senin, 02 Juli 2018

Tawakkal

Salah satu kata yang ada di dalam al-Qur‘an dan banyak disebutkan ialah kata ‘tawakkal’. Kita seringkali mendengar istilah “tawakkal”, bahkan dalam ceramah agama para Ustadz dan Habaib mengulang-ulang nasehat agar kita selalu bertawakkal kepada Allah SWT.

Dalam Islam, posisi tawakkal adalahseperti yang telah disebutkan oleh beberapa Ulama: "posisi tawakkal dalam agama, seperti kepala diatas tubuh”. Jadi seseorang yang tidak memiliki sikap tawakkal seperti seseorang yang tidak memiliki Agama, sama seperti tubuh yang tidak memiliki kepala.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an :

وَعَلَى اللهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُونَ

Artinya: Dan hanya kepada Allah orang-orang yang beriman itu bertawakkal (QS. Ali-Imran : 122)

Hal ini menandakan betapa tawakkal adalah merupakan suatu hal yang sangat penting bagi orang yang beragama. Mengapa demikian?

Tawakkal merupakan bukti keyakinan di dalam hati yang memberi motivasi kepada manusia dengan kuat untuk menggantungkan harapan kepada Allah SWT dan menjadi ukuran tingginya iman seseorang kepada Allah SWT.

Disamping itu, Islam juga mendidik ummatnya untuk berusaha, untuk bergantung dan berharap hanya kepada Allah SWT.

Al-Allamah Al-Habib Umar bin Hafidz mengatakan bahwa kita harus sepenuhnya bergantung kepada Allah SWT agar Allah puas dan ridha kepada kita.

Menurut beliau ada dua tanda bahwa seseorang telah sepenuhnya tergantung kepada Allah SWT :

1. Dia telah sepenuhnya menerima dengan keikhlasan hati perintah Allah dan melakukan yang terbaik untuk mematuhinya seluruh perintah-Nya

2. Dia menerima sepenuhnya apapun yang menjadi takdir dan ketentuan Allah SWT serta menyerahkan dan memasrahkan semua urusannya kepada Allah SWT.

Mudah-mudahan kita dapat menjadi hamba yang sepenuhnya bergantung kepada Allah dan bukan kepada makhluk. Dan mudah-mudahan kita menjadi orang yang dicintai Allah SWT karena tawakkal dan ketergantungan kita sepenuhnya kepada Allah SWT. Aamiin ya Rabbal 'Alamiin

---------------------------------------------------------------------
Jangan Lupa Like & Share Fan Page : Khazanah Habaib Untuk mendapatkan Informasi dan pengetahuan mengenai Habaib dan Ulama. Follow juga Instagram : @khazanah.habaib
----------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar