Selasa, 24 Oktober 2017

Ikutilah Ahli bait

CERITA SAHABAT RASULULLAH SAW YANG BERNAMA ZAID BIN ARQOM MENGENAI TENTANG AHLI BAIT NABI MUHAMMAD SAW

Sahabat Yazid bin Hayyan dan Hushoin bin Sairoh dan Amr bin Muslim mereka pergi untuk menemui Zaid bin Arqom, kemudian Yazid bin Hayyan bercerita "ketika kami duduk di hadapannya Zaid bin Arqom tiba-tiba Hushoin mengatakan kepadanya",Hushoin: "engkau telah bertemu dengan Rasulullah Saw wahai Zaid, ada banyak nasehat dari Rasulullah yang ada padamu, dan engkau biasa bersama Rasulullah Saw, dan engkau didengarkan ucapan Rasulullah Saw, dan engkau perang bersamanya, dan engkau biasanya sholat bersama Rasulullah Saw, telah banyak yang engkau dapatkan dari ucapan-ucapan Rasulullah Saw, ceritakanlah kepada kami wahai Zaid, apa-apa yang telah engkau dengar dari Rasulullah Saw", kemudian Zaid berkata:"wahai keponakanku, demi Allah umurku telah tua,dan masaku sebentar lagi, dan aku lupa sebagian ucapan Rasulullah Saw yang telahku jaga, maka aku tidak akan menceritakan kepada kalian, maka pergilah..., aku tidak memiliki apa-apa, maka jangan paksakan aku dengan ucapan Rasulullah Saw (tentang menghormati keluarga Nabi/ahli baitnya), kemudian tiba-tiba Zaid bin Arqom berkata:" pada suatu hari Rasulullah Saw berdiri menjadi Khatib di hadapan kami, di daerah maa' disebut juga daerah humma antara kota Makkah dan kota Madinah, Rasulullah Saw memuji Allah dan memuji Allah, dan memberikan nasehat dan mengingatkan kepada kami, kemudian bersabda:" adapun kemudian, ketahuilah wahai manusia, hanya saja aku adalah manusia, ditakutkan nanti ada utusan Tuhanku datang (nabi palsu),maka aku menjawabnya dan aku meninggalkan 2 sesuatu untuk kalian, yang pertama adalah Kitabullah (Al-Qur'an) terdapat di dalamnya petunjuk dan cahaya, maka ambillah Kitabullah itu dan berpegang eratlah dengannya, maka aku menganjurkan dengan kitabullah, dan aku suka apa yang ada kitabullah", kemudian Rasulullah Saw bersabda lagi " dan ahlul baitku (keluargaku), aku ingatkan kalian kepada Allah pada Ahlul baitku, aku ingatkan kalian kepada Allah pada Ahlul baitku", kemudian Hushoin bertanya kepada Zaid bin Arqom: siapa ahlul bait Rasulullah Saw wahai Zaid? Bukankah istri-istri beliau termasuk ahlul baitnya? Maka berkata Zaid bin Arqom: istri-istri Rasulullah Saw termasuk ahlul baitnya, akan tetapi yang dimaksud ahlul bait itu orang yang diharamkan baginya menerima shodaqoh setelah Rasulullah Saw, maka Hushoin bertanya : Siapa mereka? Maka Zaid bin Arqom menjawabnya : mereka adalah keluarga Sayyidina Ali Karramallahu wajhah dan keluarga Aqiil dan keluarga Jakfar At-Thoyyar, dan keluarga Sayyidina Abbas. Maka berkata Hushoin: mereka semua adalah orang yang diharamkan untuk menerima shodaqoh? MakaZaid bin Arqom menjawab: iya , (HR.MUSLIM).

Dan riwayat dari ibnu Umar RA dari Sayyidina Abu Bakar As-Shiddiq RA  hadits Mauquuf, bahwasannya Sayyidina Abu Bakar berkata:" jagalah dan hormatilah Nabi Muhammad Saw pada Ahli Baitnya". (HR.BUKHORI)

Pic:
Al-Habib Muhammad bin Abdullah Al-Haddar mertua Al-Musnid Al-Habib Umar bin Muhammad Bin Hafidz (kiri), Al-Habib Abdullah As-Syathiri (Tengah), Al-Habib Zein bin Ibrohim Bin Smith (kanan).

Posted by__Mauidzoh hasanah__

Tidak ada komentar:

Posting Komentar