Rabu, 25 Oktober 2017

ISLAM SAUDI DI AMBANG KEHANCURAN

https://goo.gl/Zgzpz7

Ahmad Arroysuni

Wakil Ketua Persatuan Ulama Muslim (International Union for Muslim Scholars), Ahmad Arroysuni mengecam apa yang dia sebut dengan "Islam Saudi". Dia menyatakan Islam Saudi telah beranjak menuju fase kehancuran setelah sebelumnya berada dalam fase kejayaan.

Dalam tulisan berjudul "Islam Saudi, dari kejayaan menuju kehancuran", yang dipublish situs resmi Persatuan Ulama Muslim, iumsonline.org, ia menyerang keras Dinasti Saudi serta menuding telah memanfaatkan Agama untuk kepentingan politiknya.

Ia menyatakan dalam tulisannya :

"منذ أزيد من نصف قرن تمكنت المملكة العربية السعودية – بفضل إمكاناتها المالية النفطية الضخمة، وموقعها الجيو/ديني – تمكنت من تحقيق نفوذ ثقافي ودعوي وسياسي كاسح، تمدد عبر العالم كله، وشمل العالم الإسلامي بصفة خاصة. وبذلك انتشر وساد هذا الذي أسميته "الإسلام السعودي". وأصبح معظم المتدينين والدعاة وأبناء الحركات الإسلامية متأثرين بهذا النمط "الإسلامي"، بدرجة من الدرجات

“Sejak lebih dari setengah abad, Dinasti Saudi - dengan ditopang kekayaan berasal dari minyak yang besar serta letak geografis negaranya - berhasil menguasai dan memaksakan wawasan keilmuan, dakwah dan politik di hampir seluruh negri, khususnya negeri-negeri muslim. Maka tak heran, ideologi yang saya sebut dengan : "Islam Saudi" tersebar di penjuru dunia, dan tentunya hampir semua muslim yang taat beragama, termasuk para da’i dan aktifis Islam sedikit banyak terpengaruh dengan “aliran Islam” ini.

فما هو الإسلام السعودي؟

Apa itu aliran Islam Saudi?

البعض يسمونه "وهابية"، وهو وهابي الأصل فعلا، لكن وهابية الإسلام السعودي معدَّلة ومكيفة.

Sebagian orang menyebutnya “Wahhabiyah”, dan Islam Saudi memang wahabi asli. Tapi Wahabi Islam Saudi sudah dimodifikasi dan dibuat “lebih nyaman”.

والبعض يسمونه "سلفية"، وهو سلفية مشوهة ومطوَّعة.

Sebagian menyebutnya “Salafiyyah”, tapi Islam Saudi adalah Salafi Palsu dan memperturutkan Hawa Nafsu

والبعض يعتبرونه "حنبليا"، ولكن حنبليته نجدية جامدة.

Sebagian menyebutnya “Hambaliy”, tapi Islam Saudi Hambali beraliran Najed yang kaku/saklek.

والبعض يصفون أصحابه بـ"الظاهرية الجدد"، وهو كذلك، ولكن ظاهريتهم محرفة ومُسَعودة.

Sebagian menyebutnya : “Neo-Zohiriy”, dan memang Islam Saudi adalah Zohiriy, tapi Zohiriy yang menyimpang dan Saudisasi

وقد وُصف بأوصاف أخرى؛ كالتشدد والتطرف، و"فقه البداوة"، و"فقه التخلف".

Kadang disebut dengan sebutan lain seperti Garis Keras, Ekstrim, Fikih Kampungan, dan Fikih Kuno.

والحقيقة أن "الإسلام السعودي" فيه من كل هذه الأوصاف قسمةٌ ونصيب، ولكنه في تركيبته نمط خاص في الفهم والتدين، تَشكل بين قساوة الرمال ونداوة الريال، وانضبط تحت ظل السيفين المتعانقين، وبتوجيه آل سعود وسطوتهم.

Sebenarnya sebutan-sebutan dan sifat-sifat di atas ada pada Islam Saudi, tapi mereka punya ciri khas tambahan dalam hal pamahaman dan pola beragama. Ciri khas Islam Saudi terbentuk dari beberapa faktor seperti, Kasarnya padang pasir, lembutnya uang riyal, naungan 2 (dua) pedang, arahan Keluarga Dinasti Saudi dan lecutan cambuknya (otoriter).

وما دام هذا "الإسلام السعودي" خليطا ومُركَّبا، ومتعدد المصادر والأصول، فلنترك نسبته أو نَسبه جانبا، ولنذكر بعض الخصائص والمميزات التي عُرف وتميز بها، علما بأن بعضها يرجع إلى أيام الشيخين محمد بن عبد الوهاب ومحمد بن سعود، وبعضها تشكل خاصة في ظل "الدولة السعودية الثالثة"، وهي دولة الملك عبد العزيز وأولاده وأحفاده، القائمة حتى اليوم.

Islam Saudi terdiri dari unsur-unsur tersebut diatas ditambah reveresi pemikiran dan prinisp-prinsip mereka. Namun saat ini kita tidak perlu membahasnya. Kita membahas karakter dan ciri khas Islam Saudi yang proses pembentukan karakternya melalui beberapa tahap, tahap pertama pada masa Muhammad bin Abdul Wahhab dan Muhammad bin Saud, 2 tokoh berpengaruh Saudi. Tahap kedua masa Dinasti Saudi III yang merupakan Dinasti Raja Abdul Malik bin Abdul Aziz dan anak cucunya hingga sekarang.

وأنا لا أتحدث الآن عما يمكن أن يقال من الإيجابيات أو الفوائد أو الحسنات.. وإنما حديثي عن بعض المميزات السلبية، الظاهرة والغالبة، لهذا "الإسلام السعودي":

Saya tidak mengangkat tentang sisi positif, manfaat dan kebaikan Islam Saudi. Yang saya angkat di sini adalah beberapa sisi negatif yang tampak jelas pada Islam Saudi.

1 ـ  الشدة والخشونة، وهي سمة بارزة: سواء في الأفكار، أو في الأحكام، أو في الألفاظ… حتى لقد أصبح "السلفي" أو "الوهابي" في أعين عامة الناس رمزا للشدة والغلظة والتزمت. وحتى في المعاملات العادية بين السعوديين، يقال لمن تشدد وبالغ في أمر من الأمور: "لا تحنبلها"، أي لا تكن مثل السلفيين المتحنبلين في شدتهم ومبالغاتهم.

1. Keras dan Kasar.

Ini karakter yang begitu menonjol pada Islam Saudi, baik itu dalam Ide-ide Pemikiran, Hukum fikiqi, bahkan dalam pilihan-pilihan kata. Sehingga tidak heran kalau Salafi, atau wahabi di mata orang adalah simbol kekerasan dan kekakuan. Bahkan dalam interaksi masyarakat Saudi sendiri, ada istilah di kalangan mereka untuk orang yang kaku dan berlebihan dalam beriskap dengan ungkapan : “la tuhanbilha” “masalah ini jangan kau hambalikan lah”. Maksudnya jangan seperti orang-orang salafi yang bermazhab hanbali yang kaku dan keras dalam menyikapi sesuatu.

2 ـ التعامل مع المسلمين والحكمُ عليهم من خلال ثقافة التكفير والتضليل والتبديع، شعوبا ومذاهب وطوائف وأفرادا.. بل حتى كبار العلماء – القدماء والمعاصرون – لا يسلمون من تضليلهم وتبديعهم وحملاتهم، وقد يصل الأمر إلى حد تكفيرهم.

2. Takfir, Tadhlil dan Tabdi’

Islam saudi memperlakukan kaum muslimin dan menghukumi mereka dengan Frame Takfir (Memfonis kafir), Tadhlil (Memfonis Sesat), Tabdi’ (Memfonis Bid’ah). Semua kalangan diperlakukan demikian, baik itu mazhab, kelompok, maupun perorangan. Bahkan Ulama-ulama besar baik di masa klasik maupun di masa sekarang, tidak ada yang selamat dari fonis mereka. Para ulama mereka fonis sesat, bid’ah bahkan ada pula yang sampai difonis kafir.

3 ـ الاعتماد على العنف والسيف. والمملكة تعدُّ في طليعة الدول المتفوقة في كثرة القتل والتعذيب والاعتقال والاختطاف، وكل ذلك يجد كامل شرعنته وتسويغه وتسويقه لدى أشياخ "الإسلام السعودي" وفتاويهم الجاهزة المجندة. ومن الجدير بالتأمل أن الحروب الكثيرة التي خاضتها الدولة السعودية والحركة السعودية، كانت، وما زالت، كلها موجهة ضد المسلمين!

3. Menggunakan kekerasan dan senjata

Islam saudi begitu mudah menggunakan kekerasan dan senjata. Kerajaan saudi termasuk Negara yang banyak membunuh, menyiksa, menculik lawan-lawannya. Dan hal itu didukung legitimasi Syekh Islam Saudi dengan fatwa-fatwa mereka. Kalau diteliti ulang, perang yang banyak diikuti Dinasti Saudi, dan “Gerakan Saudi”, semuanya melawan kaum muslimin.

4 ـ إشعال الفتن والصراعات بين المسلمين؛ فشيوخ الإسلام السعودي دأبهم وديدنهم شنُّ الغارات وإشعال الصراعات، ضد المذاهب الفقهية الإسلامية، والمذاهب الكلامية الإسلامية، والمذاهب الصوفية الإسلامية، والحركات الدعوية الإسلامية، وضد أفراد العلماء والمفكرين المسلمين. ونظرا لإمكاناتهم المالية واللوجستية، فقد تمكنوا من إدخال الفتن والعداوات والصراعات – الفقهية والعقدية – إلى معظم مساجد المسلمين وبيوتهم وأسرهم.

4. Menyebar Fitnah dan Konflik di antara kaum muslimin

Para Syekh-Syeikh Islam Saudi kerjaan, hobi mereka adalah menyerang dan menyulut konflik dengan Mazhab-mazhab Fikih Islam, Aliran-aliran Akidah Islam, Aliran-aliran Sufi , gerakan dakwah Islam, pribadi-pribadi ulama dan pemikir islam. Dengan ditopang kemampuan logistik dan keuangan mereka, mereka mampu menciptakan fitnah, menciptakan permusuhan, pertentangan dalam masalah Fikih dan Akidah di hampir semua masjid, rumah, dan keluarga kaum muslimin.

5 ـ خوارج على الأمة وعلمائها، مداخل مع الولاة والطغاة. فحينما يوصف مشايخ الإسلام السعودي بالتشدد والتضييق، فذلك ليس على إطلاقه، بل هو خاص بعموم المسلمين، في عاداتهم وعباداتهم ومعاملاتهم، أما مع الولاة والحكام، فهم عادة في غاية التساهل ومنتهى الترخيص. فالحاكم عندهم مهما فعل ومهما قال، ومهما أساء وزاغ، سيوجدون له من التأويلات والأعذار والرخص أكثر مما يريد. فعلى العموم: هم خوارج ومداخل في آن واحد: هم خوارج أشداء وخصوم ألداء، مع جماهير الأمة وعلمائها وفضلائها، وهم مداخل (أو مداخلة) أذلاء، مع حكامهم وطغاتهم وولاة نعمتهم.

5. (Khowarij) Pembangkan Kepada Ummat dan Ulama, (Madakhil) Penjilat Penguasa dan Thogut.

Ketika para Masyayikh Islam Saudi disebut kaku, keras, mempersulit, maka sebenarnya hal ini tidak berlaku untuk semua kalangan. Mereka kaku dan keras hanya kepada kaum muslimin baik dalam hal ibadah maupun muamalah. Tapi mereka begitu lembut, fleksibel, mempermudah dan ramah kepada pemerintah/penguasa. Menurut Islam Saudi apapun yang dilakukan penguasa, apa pun yang dikatakan penguasa, betapapun buruk dan menyimpang dari ajaran murni Agama, mereka akan mencari dan menemukan tafsiran serta dalil pembenarannya. Secara umum Islam Saudi itu Khowarij dan Madakhil dalam satu waktu. Pembangkan dan penjilat di saat yang bersamaan. Mereka khowarij, pembangkang yang kasar kepada orang yang mereka musuhi, kasar kepada umat muslim dan ulama kaum muslimin. Di saat yang sama mereka penjilat yang hina di hadapan penguasa dan thoghut yang memberikan fasilitas kehidupan mereka.

*الاندحار: مظاهره و اسبابه

Tanda-tanda Keruntuhan dan penyebabnya.

الإسلام السعودي الذي انتشر وازدهر خلال نصف القرن الماضي، دخل منذ بضع سنوات مرحلة التذبذب والذبول والانكماش، ثم انتقل في الآونة الأخيرة إلى مرحلة متقدمة ومتسارعة من الأفول والاندحار.

Islam saudi tersebar dan berkembang sekitar setengah abad yang lalu. Namun, beberapa tahun belakangan Islam Saudi telah masuk ke dalam fase kemunduran, dan saat ini sudah masuk fase kehancuran.

أما المظاهر، ورغم أن الأمر معلوم وظاهر، فأذكر منها:

Adapun tanda-tanda kehancurannya, meskipun tampak jelas dannyata, saya sebutkan sebagai berikut :

1 ـ العزوف والنفور لدى الجمهور السعودي، ولدى الشباب منهم خاصة، من هذا النمط الفكري المنغلق المتشدد المتنطع من جهة، والمحابي للظلم والفساد من جهة أخرى. فالمثقفون والشباب اليوم أصبحوا يبحثون عن دينهم، ويلتمسون تدينهم، خارج النموذج الوهابي المسَعوَد. وهذه ظاهرة معروفة جدا لدى من يعيشون داخل المملكة السعودية، أو يعاشرون السعوديين ويستمعون إليهم. ففي السعودية الآن تنتعش المذاهب الفقهية والصوفية والفكرية، التي تمت إبادتها وحظرها من قبل..

1. Islam Saudi mulai ditinggalkan

Masyarakat saudi, terutama generasi muda mulai meninggalkan aliran pemikiran yang berkepribadian ganda ini. Keras, kaku, dan kasar di satu sisi, di sisi lain lembut, fleksibel dan toleran terahadap kezaliman dan kerusakan. Cendekiawan dan generasi muda hari ini mencari dan belajar Agama Islam di luar model Wahabi Saudi. Fonomena ini banyak ditemukan di tengah masyarakat Saudi. Saat ini berkembang pesat Mazhab-mazhab fikih, Aliran-aliran Sufi, Aliran-aliran pemikiran yang sebelumnya dihancurkan dan dihambat perkembangannya.

2 ـ ما تحدثت عنه وسائل إعلام وشهود عيان مؤخرا، من قيام بعض الملحقيات الثقافية السعودية بإحراق أطنان من الكتب التي ظلت السعودية تطبعها وتوزعها عبر العالم، مثل مؤلفات ابن تيمية، وموسوعة الدرر السنية في الأجوبة النجدية ونحوها. لقد أصبح المسؤولون السعوديون في ورطة وحرج مع منتوجاتهم وبضاعتهم.

2. Reverensi-Reverensi Aliran Islam Saudi dihancurkan

Hal ini diberitakan oleh sejumlah media dan saksi mata. Akhir-akhir Atase-atase Agama Saudi di berbagai Negara  membakar bertonton Kitab-kitab yang selama ini giat dicetak dan disebar luaskan oleh Dinasti Saudi di seluruh jagat bumi. Seperti kitab-kitab karangan Ibnu Taymiyah, Ensliklopedi Sunnah dalam Tanya Jawab, dll. Para pejabat Saudi kerepotan dalam mengelola produk dan barang-barang mereka sendiri.

3 ـ ما ذكره وزير الخارجية السعودي مؤخرا في تصريح لقناة "روسيا 24"، من أنهم عزلوا الآلاف من الخطباء وأئمة المساجد، بسبب تطرفهم، وأن الدولة بصدد إدخال تغييرات جذرية شاملة على مقررات التعليم، لتخليصها من التطرف..
وكيفما قرئت هذه التصريحات وهذه الإجراءات، فإنها تدل على فشل ذريع وإفلاس كبير.

3. Pemecatan Ribuan Khatib dan Imam Masjid.

Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri Saudi dalam konferensi pers disiarkan Rusia 24 chanel, bahwa kerajaan memberhentikan ribuan Khotib dan Imam Masjid karena mereka dituduh keras dan kaku. Kerajaan saat ini berupaya melakukan perubahan mendasar dan menyeluruh terhadap kurikulum mendidikan untuk mengatasi sikap dan pola fikir yang keras dan kaku. Ini menandakan kegagalan dan sekaligus Kerugian Islam Saudi.

وأما أسباب هذا الاندحار، فمنها:

Adapun penyebab keruntuhan Islam Saudi diantaranya adalah :

1 ـ موقف السعودية من الربيع العربي؛ حيث إنها قد وقفت ضده بشكل مطلق وصارم، منذ الوهلة الأولى. فهي التي ناصرت بنعلي حتى الرمق الأخير، ثم آوته بعد انهزامه وفراره. وهي التي ناصرت حسني مبارك بشكل جنوني، قبل الإطاحة به وبعدها. وهي التي دبرت ومولت – مع حاكم أبو ظبي – الانقلاب على الرئيس المنتخب محمد مرسي في مصر. وهي التي أحبطت الانتفاضة الشعبية اليمنية..

1. Sikap Saudi terhadap “Arabic Spring”

Saudi bersikap tegas menolak gerakan “Arabic Spiring”. Saudi adalah pendukung rezim-rezim yang ditumbangkan oleh “Arabic Spring”, bahkan saudi menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk melarikan diri pengasa negara-negara Arabic Spring. Saudilah yang mendukung Husni Mubarok sebelum dilengserkan maupun sesudahnya. Saudilah yang mengatur dan mendanai -bersama penguasa Abu Dhabi- Kudeta Presiden terpilih Mesir Muhammad Mursi. Saudi yang menggagalkan gerakan rakyat Yaman menumbangkan Rezim Ali Abdullah Saleh. dst

2 ـ الدخول في عداوة وحرب استئصالية ضد الحركات الإسلامية السنية، التي يسمونها بالإسلام السياسي. وهذا أيضا يجري بتحالف مع حاكم أبو ظبي. وقد وصل الأمر إلى حد التصنيف المعلن أو غير المعلن لكثير من الشخصيات ولحركات والهيئات الدعوية والعلمية والخيرية الإسلامية، على أنها إرهابية، بما فيها تلك الموجودة والعاملة في دول "شقيقة وصديقة"، كالولايات المتحدة الأمريكية وبريطانيا والكويت وقطر وتركيا.

2. Memusuhi Gerakan-gerakan Islam

Saudi memusuhi dan memerangi Gerakan-gerakan Islam Sunni sampai akar-akarnya. Saudi menyebutnya dengan Islam Politik. Ini juga dilakukan bekerjasama dengan pemerintah Abu Dhabi. Bahkan keduanya merilis secara terbuka maupun tidak terbuka sejumlah nama, gerakan, organisasi dakwah, organisasi keilmuan, organisasi sosial dengan sebutan TERORIS,  termasuk yang berdomisili di Negara-negara sahabatnya seperti Amerika, Inggris, Kuwait, Qatar, dan Turki.

3 ـ انهيار المصداقية العلمية والأخلاقية للمؤسسات الدينية والعُلمائية في المملكة السعودية، نظرا لمواقفهم المتناقضة، وتبعيتهم المطلقة للسياسة الرسمية السعودية. ومن آخر غرائبهم في هذا الباب: قضية التحريم والتحليل لسياقة المرأة للسيارة، وكذا التصريح المقرف، الذي صدر عن الشيخ عبد الرحمن السديس إمام الحرم المكي، حيث اعتبر السعودية والولايات المتحدة الأمريكية، تقودان العالم على طريق الأمن والسلام… وقد رد عليه شيخ علماء الهند العلامة الكبير سيد سليمان الندوي ردا شديدا سماه: "الموقف الصريح فيما قاله السديس من المديح القبيح".

3. Runtuhnya Kepercayaan ummat terhadap Lembaga Agama dan Ulama

Hal ini disebabkan sikap ulama dan lebaga keagamanan saudi yang tidak konsisten dan selalu menuruti kebijakan resmi Dinasti Saudi. Contoh yang paling menggelikan adalah masalah Izin mengemudi mobil bagi wanita (yang dulu adalah pekerjaan terlarang dan Haram), serta pernyataan Syekh Abdurrahman Assudais, Imam Masjidil Haram Makkah. Sudais menyatakan bahwa Saudi dan Amerika memimpin dunia menuju perdamaian dan ketentraman. Penyataan ini disikapi oleh seorang ulama India Al-Allalamah Sayyid Sulaiman Annadawi yang menyebut penyataan Sudais dengan istilah : “Pujian yang menjijikkan”

4 ـ اشتداد القمع والظلم والبطش، ليس فقط ضد ذوي الأفكار المتميزة أو المستقلة، بل بشكل عشوائي وغير مفهوم في كثير من الحالات، وقد اعتقل أو اختطف كثير من الموالين والمؤيدين وأركان الدولة المخلصين.. حتى قال جمال خاشقجي مؤخرا: لم يعد أحد آمنا في السعودية. وهو نفسه كان من أبرز المدافعين عن آل سعود وسياساتهم، على مدى عقود، ولكنه اليوم فار بجلده، لا لشيء سوى أن الاعتقالات لم يعد لها سبب واضح ولا منطق معلوم.

4. Tekanan, kezaliman dan pembungkaman yang menjadi-jadi.

Hal ini tidak hanya terjadi pada orang-orang yang punya pemikiran independen atau bersebrangan dengan kebijakan Kerajaan. Penangkapan terjadi pula kepada siapa saja. Di beberapa kasus, terjadi penangkapan dan penculikan para pendukung, dan pejabat pemerintahan. Sampai-sampai seorang wartawan Saudi, Jamal Khosqaji, berkomentar : “Sekarang siapapun warga saudi, bahkan yang dulu bertahun-tahun menjadi pendukung utama keluarga Dinasti Saudi dan mendukung kebijakan-kebijakannya, hari ini mereka pergi melarikan diri. Penyebabnya adalah penangkapan-penangkapan yang tidak punya dasar dan alasan yang jelas.

Alih bahasa : Aulia Ismi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar